Menu

Konsumen mobil Honda bicara soal master rem

Jumat, Januari 26th 2018.

Para pemilik mobil Honda khawatir apakah mobilnya tergolong dalam program perbaikan yang sedang diselidiki oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) perihal sistem pengereman mobil Honda.

Seperti banyak diberitakan terdapat empat model Honda yang terindikasi memiliki masalah pada booster rem atau master rem. Unit yang terpengaruh oleh hal ini adalah; Mobilio, Brio, BR-V, dan HR-V tahun pembuatan 2015-2017. Keempat model tersebut beresiko mengalami kebocoran pada komponen tersebut.

Proses investigasi telah berlangsung selama dua minggu. HPM akan terus berkoordinasi dengan para dealer-dealer.

Terkait isu ini, sebagian pengendara mobil Honda berkomentar. Seperti pemilik Honda Brio Satya tipe E keluaran 2015 Jeffry  mengakui ada kendala yang suka dirasakannya ketika menginjak pedal rem. Keluhan ini  telah terasa sejak beberapa bulan lalu.

“Yang saya rasakan terkadang bila setelah hujan, rem tiba-tiba pakem. Beberapa kali saya ngerasain mobil laksana punya ABS (anti-lock braking system), sebenarnya belum. Jadi saat saya pijak (pedal rem) enggak begitu dalam, kadang-kadang ngerem,” cerita Jeffry kepada CNNIndonesia.com.

Brio Satya tipe E masih mengandalkan disc brake di kedua roda depan dan tromol di belakang. Untuk tipe ini belum dilengkapi sistem rem ABS dan EBD.

Jeffry sendiri belum bisa meyakinkan apakah hal yang dirasakan memang diakibatkan oleh master rem. Terakhir kali ke bengkel adalah empat bulan lalu. Itu pun hanya servis rutin penggantian oli.

Honda Brio ilustrasi artikel recall januari 2018 mengenai sistem pengereman mobil hondaPara antusias Honda Mobilio pun turut mengungkapkan hal serupa. Mewakili Mobilio Indonesia Community (Mobility), Andrew menceritakan bahwa sejumlah rekan di komunitasnya mengeluhkan masalah pada sistem rem mobilnya.

“Ada teman member yang bermasalah (dengan rem). Kalau Saya tidak” ucap Andrew. Ia melanjutkan, dari sekian rekan komunitasnya, rata-rata yang merasakan masalah itu Mobilio transmisi otomatis buatan 2013 – 2017. 

Kasus pada rem Mobilio sendiri telah ramai semenjak akhir 2017. Bermula dari sejumlah laporan pada akun Facebook Mobility. Tercatat Honda Mobilio tahun 2013, 2014, 2015, hingga keluaran teranyar 2017 banyak pemiliknya yang mengeluhkan sistem rem.

Menurutnya, saat semua pemilik sadar akan hal tersebut, mereka lalu mendatangi bengkel dan terkejut saat disarankan pihak bengkel Honda untuk lantas mengganti komponen master rem. Beberapa member komunitas ada yang mendapat penggantian komponen, sedang lainnya mesti inden.

“Pengguna Honda Mobilio yang terkena recall tersebar di sejumlah kota dari Aceh sampai Surabaya. Kesimpulan sementara sejumlah unit setelah dicek nomor rangkanya maka terkena recall, tetapi stok komponen baru sampai di pulau Jawa saja” papar Andrew .

Honda Prospect Motor (HPM) setelah melakukan penyelidikan mengumumkan kampanye product update. Hal ini namun tidak berdampak signifikan bagi penjualan unit pada awal tahun 2018.

Sistem pengereman mobil Honda

Wajib diingat kalau diperhatikan ada rembes pada master rem, akan riskan dalam pengendaraan. Komponen ini krusial akan secara langsung mempengaruhi daya cengkram rem andai bocor tidak dipedulikan sampai berlarut-larut.

Master rem ini cukup kompleks. Komponen ini memerlukan perawatan tambahan biasanya saat umur kendaraan sudah di atas 5 tahun. Namun andai usia kendaraan masih 1-2 tahun,umumnya karena faktor masalah produksi. HPM juga gencar mendata mobil konsumen yang terindikasi terjadi masalah di dalam master rem untuk menenangkan para konsumennya.

Penulis asli: Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Kamis, 25/01/2018 13:39 WIB.

Honda Mobilio ilustrasi artikel recall januari 2018 mengenai sistem pengereman mobil honda


Pengumuman Penting

Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kampanye product update untuk unit mobil:

  • Honda Mobilio
  • Honda Brio
  • Honda Jazz
  • Honda HR-V
  • Honda BR-V

Berlaku untuk Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, Honda Brio tahun produksi 2014-2017, Honda Jazz tahun produksi 2014-2017, Honda HR-V tahun produksi 2014-2017 dan Honda BR-V tahun produksi 2015-2017.

Akan dilakukan Product Update komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman mobil Honda tersebut di atas. Proses pemeriksaan dan/atau penggantian komponen membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Masa kampanye berlangsung 6 bulan dari tanggal 26 Januari 2018 – 26 Juli 2018. Masa perbaikan akan terus berlangsung meskipun masa kampanye telah selesai.

Selain akan dikirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik mobil yang teridentifikasi, konsumen juga dapat menghubungi para dealer resmi mobil Honda atau Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB  untuk membuat janji (booking) pemeriksaan dan/atau penggantian komponen di mobilnya.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller

Related Article Konsumen mobil Honda bicara soal master rem

Rabu 16 Mei 2018 | All, Artikel

Para editor di majalah Automobile telah memilih Civic Type R dan Honda Accord sebagai 2018 Automobile All-Stars di Amerika serikat. Penghargaan ini diberikan hanya kepada mobil…

Senin 30 Oktober 2017 | All, Artikel

Serunya kalau membawa Civic Type R pulang Seperti di lansir dalam laman resmi nya di honda-Indonesia.com Pada tanggal 21 Oktober lalu di Jakarta. PT Honda…

Senin 13 November 2017 | All, Promosional

Hidup makin seru dengan duo Honda baru. Kalau kamu memiliki rencana menukar mobil Honda lama dengan yang baru atau memang sekarang saatnya kamu untuk punya mobil Honda.…