Menu

Mobil listrik Honda seperti Civic akan diluncurkan Maret 2019 ?

Sabtu, Januari 12th 2019.
Mobil listrik Honda EV plus 1997 (world.honda.com)

Honda EV plus 1997 – 1999. (world.honda.com)

Pengembangan kendaraan listrik Honda sudah berlangsung sejak lama. Penelitian dan riset dilakukan secara menerus oleh Honda sejak tahun 1988. Lalu pada 1997 diperkenalkan desain khusus EV Plus yang kemudian dilanjutkan oleh Fit (Jazz) EV (electric Vehicle) yang dikembangkan pada 2012 sebagai awal titik mulai kiprah Honda dalam mobil listrik.

Lalu setelah memperkenalkan Urban EV konsep pada 2017 di Frankfurt Motor Show, Honda merilis VE-1 yang dikhususkan pasar China di gelaran Guangzhou Motor Show 2018. VE-1 mulai masuk lini pabrikasi pada Desember 2018 dengan berbasis SUV kompak Wesel (HR-V).

Mobil listrik Honda-Everus-VE-1 2019

Honda-Everus-VE-1 diluncurkan di China. (honda-tech.com)

Saat ini, Honda kembali diberitakan bakal merilis mobil listrik terbarunya. Kabarnya mobil ini ialah versi buatan dari mobil konsep Honda Urban EV. Dari bocoran yang ada, tampilan mobil listrik teranyar ini terlihat sekilas mirip dengan Civic original, seperti konsepnya.

Masih mengadopsi lampu depan bundar, mobil ini kental dengan gaya mobil hatcback tahun 1970-an. Sama seperti model konsepnya, pengisian daya terletak di balik kap mesin depan. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan spion digital.

Tapi perubahan sangat menonjol dari versi konsep ke versi produksi ini ialah jumlah pintu. Kini terdapat 5-pintu, yang sebelumnya selalu punya 3-pintu. Jika versi konsep pintu bergaya hinged door (dibuka ke depan lalu ke belakang), pada versi produksi nanti, pintu dioperasikan secara normal.

Sementara kabin mobil memakai konfigurasi 5-penumpang. Interior pun disebut bakal dilengkapi dengan monitor yang lebar dan besar, dengan semakin mengandalkan beberapa teknologi mutakhir, seperti AI (Artificial Intelligence) akan disematkan untuk Urban EV versi buatan ini.

Di samping itu, EV model kompak ini merupakan awal momen guna mengadopsi platform yang baru dikembangkan secara khusus untuk EV. Karena hal tersebut, informasinya bodi akan lebih ringkas dan dengan bobot yang akan paling kompatibel.

Soal spesifikasi disinyalir akan tak jauh berbeda dengan Honda VE-1 menggunakan baterai 53,6 kW dengan tenaga 120 kW dan jarak tempuh 340 km. Tapi tampaknya pun akan susah memasang baterai besar guna Urban EV, kalau melihat bodi yang ringkas.

EV kompak Honda dengan tampilan retro ini dikabarkan bakal menjalani debutnya di gelaran Geneva Motor Show Maret 2019. Sedangkan di Jepang baru bakal diluncurkan satu tahun kemudian.

Mobil Terbaru

Promo

Related Article Mobil listrik Honda seperti Civic akan diluncurkan Maret 2019 ?

Jumat 6 April 2018 | Artikel, Blog

Penjualan Honda Brio PT Honda Prospect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merk dari mobil Honda di Indonesia, sukses mencatatkan kenaikan penjualan mobil di segmen city…

Senin 13 November 2017 | Blog, Promosional

Hidup makin seru dengan duo Honda baru. Kalau kamu memiliki rencana menukar mobil Honda lama dengan yang baru atau memang sekarang saatnya kamu untuk punya mobil Honda.…

Senin 30 Oktober 2017 | Artikel, Blog

Serunya kalau membawa Civic Type R pulang Seperti di lansir dalam laman resmi nya di honda-Indonesia.com Pada tanggal 21 Oktober lalu di Jakarta. PT Honda…