Merawat AC mobil agar tidak mudah rusak | Jualhondajakarta.com - Dealer Honda Jakarta

Menu

Merawat AC mobil agar tidak mudah rusak

Kamis, Maret 22nd 2018.

Foto Ilustrasi cewek dalam mobil merasakan AC artikel tips merawat AC mobil


Jangan abaikan kondisi AC mobil

Bengkel AC bukan satu-satunya solusi dalam merawat AC mobil, jika sudah mendatangi sebuah bengkel AC biasanya karena masalah-masalah umum pada AC mobil seringkali diabaikan. Padahal untuk memeriksa kondisi AC mobil sendiri sangat mudah tergantung kepada pola penggunaan AC yang baik. Biasakan untuk mempraktekkan beberapa tips sederhana berikut supaya bagian-bagian sparepart AC mobil bisa lebih dingin dan awet yang membuat kerja AC yang maksimal dalam mendinginkan suhu pada kabin mobil.

  • Menjaga kebersihan karpet serta interior mobil

Kebersihan interior mobil terutama pada bagian karpet dasar lantai mobil, besar mempengaruhi kerja dan performa bagian sistem pendinginan kabin mobil. Filter AC yang seringkali menyedot udara dari permukaan lantai bawah dashboard menjadi bekerja tidak begitu berat saat harus menyaring debu dan kotoran yang terdapat di permukaan lantai mobil. Sehingga, filter AC tidak cepat kotor dan bisa bekerja dengan lebih efektif dalam mendinginkan suhu ruangan mobil.

  • Buka kaca dan dinginkan kabin

Saat mobil diparkir pada lokasi parkir yang panas atau yang mengalami sinar matahari langsung, maka kabin mobil akan penuh dengan hawa uap panas. Oleh karenanya saat menghidupkan mobil dan akan menyalakan AC, pakai tiupan blower dengan maksimal kecepatan terlebih dahulu. Kemudian jangan lupa untuk membuka jendela mobil. Tujuannya supaya uap panas cepat hilang dan menyebabkan suhu kabin cepat normal.

  • Tidak merokok di dalam mobil serta menggunakan pewangi berbentuk cair

Asap rokok dapat dengan mudah mengotori evaporator, kemudian nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menyebabkan bau tak sedap pun akan sulit hilang. Hindari pula pemakaian pewangi cair di area dasbor mobil terutama di kisi-kisi AC. Jika tetap ingin memakai pewangi, gunakanlah yang berbentuk padat. Hal ini disebabkan pewangi dalam bentuk cairan bisa melekat di evaporator dan mengakibatkan lengket lama-kelamaan. Selain menghindari kebiasaan mengisap rokok di dalam mobil, hindari pula kebiasaan menyimpan dan menyantap makanan ketika di dalam mobil.

Foto Ilustrasi tangan cewek dalam mobil merasakan AC artikel tips merawat AC mobil

  • Istirahatkan AC mobil dan membersihkan kondensor AC

Saat mengalami perjalanan jauh, terutama di siang hari pada saat cuaca panas, kita ingin terus-menerus menghidupkan AC supaya tetap merasa sejuk. Agar AC mobil tidak bekerja terlampau keras dan lebih awet, usahakan untuk mematikan AC dalam rentang sekian waktu. Tujuannya agar AC dapat beristirahat serta menghindari pembekuan yang terjadi pada penyaluran AC.

Selanjutnya, ketika rutinitas membersihkan mobil dan mencucinya dengan air bertekanan, usahakan untuk menghilangkan kotoran yang mulai menempel pada kondensor AC yang rata-rata terletak di sektor depan bagian mobil. Semprotkan air bertekanan untuk membasuh kondensor AC mobil dari debu dan kotoran yang tersangkut. Kondensor AC yang bersih akan menyebabkan hembusan udara AC mobil menjadi cepat dingin dan tidak bekerja terlampau keras memberi beban pada sistem pendinginan kabin mobil.

  • Menggunakan kaca film mobil berkualitas

Meski tidak berdampak secara langsung dengan sistem pendinginan kabin atau AC mobil, tetapi kaca film sangat menolong meredam panas yang akan masuk ke kabin mobil. Kaca film mobil dengan kualitas baik pasti mempunyai kinerja yang lebih baik pula untuk membuat kabin tidak mudah panas. Dengan demikian, AC mobil pun tidak butuh bekerja begitu keras untuk menahan suhu kabin tetap sejuk. Oleh sebab itu, ketika memilih kaca film mobil, usahakan untuk memilih kaca film yang mempunyai kualitas baik dan bukan hanya yang berharga mahal.

AC yang dingin, hatipun ikut dingin

Cara pemakaian AC mobil dengan beberapa penggunaan sederhana seperti di atas akan menjadikan beban kerja AC mobil menjadi lebih ringan. Efeknya, dimana AC mobil menjadi lebih bekerja tahan lama. Namun, apabila muncul gejala tanda AC mobil bermasalah sekecil apapun, segera bawa ke bengkel AC mobil. Hal ini supaya dapat diperiksa masing-masing bagian unit sistem AC mobil dan dapat segera diatasi sehingga kendala tersebut tidak sampai merambat ke komponen sekitar yang terdapat pada sistem AC mobil anda.

Foto Ilustrasi cewek baju oranye dalam mobil merasakan AC artikel tips merawat AC mobil


Tips perawatan mobil lain

-JR, the web-

Mobil Terbaru

Related Article Merawat AC mobil agar tidak mudah rusak

Memilih oli untuk mobil dengan transmisi CVT
Senin 11 September 2017 | Tips

Disadur dari CNN-Indonesia pada Selasa, 2 Agustus 2017 Semakin padatnya lalu lintas di kota-kota besar, membuat produsen mobil beralih menggunakan transmisi otomatis. Untuk memfasilitasi kemacetan seperti yang…

Menghemat biaya perawatan mobil
Senin 11 September 2017 | Tips

Disadur dari ototips Jum’at, 19 Mei 2017 Perawatan mobil   Pemilik mobil sering berpergian dengan mobilnya namun seringkali mengabaikan perawatan mobil mereka untuk menjaga kendaraan…