Menu

Dampak Kerusakan Mobil Akibat Air

Sabtu, Mei 26th 2018.

Tanda cat mobil air di jalanan

Mobil terkena banjir

Tidak pernah dibayangkan sebuah pengalaman putus asa ketika mobil mengalami kerusakan fatal akibat air. Mobil terperangkap genangan banjir atau terendam air akibat peralatan yang rusak atau jendela yang tanpa diperdulikan terbuka. Ketika kerusakan telah terjadi tetap masalah besar bagi sang pemilik dan apakah perbaikan dapat dilakukan dengan estimasi harga yang wajar atau tidak.

Mungkin yang sangat sulit bagi sebagian orang untuk dipahami adalah kenyataan bahwa sebuah mobil yang terkena banjir bukan hal yang simpel seperti menunggu air mengering lalu mobil dibersihkan dan dirapikan kembali di salon mobil.

mobil terendam banjir setengah bodi

Jika mobil kita terendam banjir, usahakan tidak boleh langsung dinyalakan, meskipun banjir telah mulai surut. Sebaliknya, mobil mesti menemukan penanganan yang tepat dengan pertolongan mekanik andal.

Hal ini disebabkan setiap kendaraan yang terendam banjir tentu mengalami sejumlah masalah kerusakan di beberapa bagian mobil.

Mesin

Bila ketinggian banjir hingga merendam ruang mesin, masalah yang lazim ditemui ialah rusaknya electronic control unit (ECU). ECU adalah sebuah perlengkapan terpenting yang menjadi otak kendaraan.

Alat ini punya sejumlah fungsi, di antaranya mengatur pengapian dan suplai bahan bakar ke mesin. Jika sampai korslet, ECU mesti diganti dan biayanya relatif mahal.

Tingkat kerusakan pada mobil yang dapat menyebabkan kerugian sampai puluhan juta ialah water hammer. Water hammer adalah kondisi saat air masuk ke ruang pembakaran di dalam mesin. Jalur masuk air sangat memungkinkan terjadi dari saringan udara yang lumayan dekat dengan genangan air yang meninggi.

Kerusakan dampak water hammer disebabkan bengkoknya setang piston yang berpotensi merusak komponen lainnya. Situasi lebih parah dapat terjadi andai pergerakan piston menghantam blok mesin. Sebab dapat mengharuskan mesin diganti baru. Adapun total ongkos yang dihabiskan dapat mencapai kisaran Rp 50 juta – Rp 80 juta.

Interior

bengkel perbaikan interior copot jok

Dalam banyak kasus, sisa banjir yang merendam interior meninggalkan lumpur tebal yang mengotori lantai, karpet, jok hingga dashboard. Relatif sulit untuk membersihkan kotoran di interior mobil bila kondisinya sudah sangat parah, apalagi di bagian-bagian yang sempit. Namun bila dibiarkan, kotoran ini bisa meninggalkan bau tak sedap.

Ada bengkel profesional yang berspesialisasi dalam perbaikan akibat kerusakan air. Biasanya orang atau bengkel yang dapat melakukan perbaikan teknis dan pun yang berhubungan dengan interior. Sering kali itu adalah bengkel interior yang terampil mencopot panel pintu, dashboard, dll selain memperbaiki kerusakan lainnya.

Untuk mencuci interior mobil yang kotor sebab banjir, dibutuhkan cairan khusus guna menghilangkan noda yang menempel. Bagi kotoran yang menempel di jok lantas disedot lebih dulu dengan vacuum cleaner.

Sebelum ditangani mekanik, mobil dapat terlebih dahulu meminta estimasi ongkos perbaikan dan penggantian komponen. Karena itu seringkali pihak bengkel akan meneliti seberapa parah banjir merendam kendaraan. Kemudian mereka menyerahkan estimasi ongkos perbaikan, seperti perbaikan mesin, bagian sasis, kelistrikan, dan interior.

interior dalam mobil kebanjiran ilustrasi artikel mobil kerusakan banjir

Lama Pengerjaan

Jumlah waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kendaraan yang rusak karena air sangat bergantung pada kerusakan yang diderita kendaraan. Dimana harus berurusan dengan karat, jamur, lumut dan sebagainya

Pengerjaan pada interior mobil dan bagian mesin memerlukan waktu. Paling tidak proses mengangkat jok kursi, karpet dasar dan secara manual mengeringkan bagian demi bagian adalah sebuah pengerjaan paling memakan waktu dan lumayan menyebabkan frustrasi.

Untuk mobil yang terendam banjir, lama perbaikannya dapat mencapai satu bulan. Namun, andai di wilayah tersebut tidak sedikit mobil yang terendam banjir, waktu pengerjaannya dapat lebih lama.

Hal tersebut dengan asumsi spare part ada. Sebab, bila banjir berarti (banyak mobil yang kena) dan semua spare part akan habis terjual, sementara tidak semua spare part fast moving. Artinya ketersediaannya terbatas. Contohnya ECU mobil.

Kemudian tambahkan keperluan untuk mengecek serta memperbaiki masalah mekanis mesin dan dapat dibayangkan waktu yang diperlukan untuk perbaikan total mobil tersebut.

Kesabaran saat menangani perbaikan dengan jenis kerusakan seperti ini adalah kuncinya.


Mobil Terbaru

Related Article Dampak Kerusakan Mobil Akibat Air

Merawat AC mobil agar tidak mudah rusak
Kamis 22 Maret 2018 | All, Tips

Jangan abaikan kondisi AC mobil Bengkel AC bukan satu-satunya solusi dalam merawat AC mobil, jika sudah mendatangi sebuah bengkel AC biasanya karena masalah-masalah umum pada…

Honda Brio mencatat penjualan terbanyak di awal 2018
Kamis 22 Februari 2018 | All, Artikel

Honda Brio Satya dan Honda new Brio RS Penjualan Honda Brio Satya dan Honda Brio RS berhasil menjadi kontributor penjualan terbanyak untuk Honda di Indonesia…

Konsumen mobil Honda bicara soal master rem
Jumat 26 Januari 2018 | All, Artikel

Para pemilik mobil Honda khawatir apakah mobilnya tergolong dalam program perbaikan yang sedang diselidiki oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) perihal sistem pengereman mobil Honda.…